Hanya di Solo, Mobil Mewah Toyota Alphard Dijadikan Mobil Jenazah, Tarif Pakai Seikhlasnya

0
390

SOLO – Mobil mewah Toyota Alphard, memiliki kelas tersendiri sehingga sangat diidamkan para pecinta otomotif. Harganya yang fantastis, membuat mobil ini digunakan untuk kalangan tertentu elit saja, seperti pejabat dan pebisnis sukses.

Namun di Kota Solo, mobil seharga milyaran rupiah itu justru dijadikan mobil jenazah. Mobil jenazah super mewah itu diluncurkan saat momen peringatan HUT ke-76 Palang Merah Indonesia (PMI) di Kota Solo.

Ya, PMI Solo meluncurkan mobil jenazah super mewah karena menggunakan Toyota Alphard. Kendaraan yang identik dengan kalangan elite itu, kini bisa digunakan oleh masyarakat Solo.

Adapun mobil jenazah berpelat nomor warna hitam AD-1214-GE itu tampak putih mulus layaknya kendaraan keluar dari dealer. Tampak pada samping kanan kiri tertulis PMI Kota Surakarta dan Mobil Jenazah. Peluncuran dilakukan saat acara ‘Bergerak Bersama untuk Sesama’ di Markas Besar PMI Solo, Sabtu (18/9/2021).

CEO PMI Solo, Sumartono Hadinoto menyebut ada dua progam layanan yang dilaunching yaitu klinik kebidanan dan mobil jenazah Toyota Alphard. Fasilitas itu merupakan upaya dari PMI Solo untuk terus berbenah dalam melayani masyarakat.

“PMI Solo tidak menggunakan APBD dan bulan dana itulah yang membuat PMI Solo menjadi yang terbaik,” kata dia kepada TribunSolo.com. Pihaknya berharap HUT ke-76 PMI menjadi momen untuk evaluasi diri, mulai apa yang sudah dicapai hingga dipertahankan. “Termasuk apa yang perlu kita perbaiki dan tentunya melahirkan program baru,” aku dia.

Meskipun menggunakan mobil mewah, PMI Solo tidak mematok tarif jika masyarakat akan memanfaatkan kendaraan tersebut. “Kami tidak mematok tarif untuk penggunaan mobil ini, cukup masyarakat memberikan donasi kepada PMI untuk kemanusiaan,” jelasnya.

Sumartono menambahkan, tidak ada prosedur khusus untuk menggunakan mobil jenazah, karena tinggal menghubungi nomor PMI Solo. “Kami siapkan mobil-mobil ini untuk warga masyarakat Jawa Tengah. Bahkan kalau luar Jawa Tengah, kami siap membantu,” harap dia.

Tak ada ketentuan khusus jika akan memanfaatkan mobil jenazah super mewah jenis Toyota Alphard yang baru diluncurkan PMI Kota Solo. CEO PMI Solo, Sumartono Hadinoto memastikan, siapa pun bisa menggunakan layanan berbagai mobil jenazah, termasuk jenis Toyota Alphard.

Mobil itu baru diluncurkan saat acara ‘Bergerak Bersama untuk Sesama’ di Markas Besar PMI Solo, Sabtu (18/9/2021). “Tidak ada prosedur khusus, siapapun bisa menggunakannya,” kata dia kepada TribunSolo.com.

Lantas bagaimana cara memakainya? Martono sapaan akrabnya menjelaskan, meskipun jenis mobil mewah, PMI Solo tidak mematok tarif jika masyarakat akan memanfaatkan kendaraan tersebut. “Kami tidak mematok tarif untuk penggunaan mobil ini, cukup masyarakat memberikan donasi kepada PMI untuk kemanusiaan,” jelasnya.

Sumartono menambahkan, tidak ada prosedur khusus untuk menggunakan mobil jenazah, karena tinggal menghubungi nomor PMI Solo yakni (0271) 646505. Atau dalam hal ini datang langsung ke Jalan Kolonel Sutarto No.58, Kelurahan/Kecamatan Jebres, Kota Solo. “Kami siapkan mobil-mobil ini untuk warga masyarakat Jawa Tengah. Bahkan kalau luar Jawa Tengah, kami siap membantu,” harap dia.

Adapun mobil ini merupakan kejutan di tengah momen peringatan HUT ke-76 Palang Merah Indonesia (PMI) di Kota Solo.

Sumber (TRIBUNSOLO.COM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here